Monday, May 19, 2008

Susahnya Cari Hosting Python Murah....

Saya baru saja berkenalan dengan pemrograman web dengan python. Ternyata membuat web based application dengan python sangat mudah dan tidak bertele-tele. Cukup dengan satu contoh aplikasi yang saya unduh dari situs modpython.org saya sudah bisa membuat web app sendiri tanpa perlu aplikasi khusus webapp python seperti Django, Zope dan lain-lain, cukup dengan menggunakan modul PSP yang sudah tersedia di mod_python (modul python yang digunakan untuk menjalankan webapp python). Karena kesederhanaan dan kemudahan strukturnya Python sangat mudah dipelajari.

Tapi sayang, saya baru bisa mencoba aplikasi tersebut di localhost komputer saya. Saya sudah coba mencari webhosting di Indonesia yang sudah support mod_python tapi sulit sekali. Sekalipun ada ternyata harganyapun sangat mahal karena sebagian besar hosting menawarkan server yang support mod_python hanya untuk segment bisnis yang rata-rata ditawarkan dengan harga hosting diatas 500 ribu perbulan.

Jika saja ada penggerak python sekaligus pemilik hosting di Indonesia yang peduli dengan perkembangan python di Indonesia yang bisa menyediakan paket untuk hosting python dengan harga terjangkau saya yakin perkembangan Python di Indonesia akan lebih meningkat tidak kalah dengan Ruby (dengan Ruby on Rail-nya) yang kini mulai trend dan banyak ditawarkan oleh hosting ditanah air dengan harga yang terjangkau.

No comments: