Wednesday, August 20, 2008

Ayo Jaga Anak-anak Kita Dari Bahaya TV

KPI Pusat menetapkan empat acara televisi yang dianggap paling bermasalah selama masa pemantauan periode III (14-29 Juni 2008). Ke empat acara tersebut yakni Bleach di Indosiar, sinetron Cerita SMA di RCTI, film kartun Detective Conan di Indosiar, serta film kartun Naruto yang juga ditayangkan Indosiar dan Global. Hal itu diungkapkan oleh anggota KPI Pusat yang juga koordinator pemantauan langsung, Yazirwan Uyun, di KPI Pusat(Eramuslim.com).

Saat ini semakin banyak tayangan TV yang tidak mendidik bahkan bisa dibilang membahayakan, mulai dari tayangan untuk dewasa sampai film kartun anak-anak.

Coba lihat adegan-adegan yang ada di film kartun legendaris Tom & Jerry dan Popaye, disana sarat dengan kekerasan yang tidak kalah sadisnya dengan adegan di tayangan 'gulat bebas' WWF yang sebelumnya sempat mengemuka karena ditiru oleh anak-anak dan telah mendatangkan korban.

Belum lagi tayangan sinetron yang saat ini banyak disiarkan oleh TV-TV swasta, seperti Cerita SMA dengan kisah yang tidak jelas (untuk segmen anak-anak atau untuk dewasa ?) dan benar-benar tidak mendidik.

Jalan cerita ditayangan sinetron bila kita amati hampir semuanya sama dan tidak sedikitpun ada kesan mendidik, coba anda amati dalam cerita sinetron biasanya si tokoh wanita biasanya 'lemah tak berdaya dan selalu beruraian air mata' sedangkan tokoh pria-nya biasanya 'bodoh dan tidak punya logika', benar-benar tidak mencerminkan sikap dan mental bangsa ini yang semestinya tayangan ini bisa mendidik masyarakat tapi nyatanya hanya menjual sensitifitas kesedihan dan kepapa-an hidup.

Yang lebih berbahaya lagi, adalah sinetron yang menyelipkan aura keislaman tapi lebih menonjolkan cerita mistik yang jauh dari ajaran Islam itu sendiri yang bila dibiarkan akan menimbulkan kesan Islam adalah agama mistis yang digunakan hanya untuk mengusir siluman dan sejenisnya.

Kita merindukan cerita sinetron drama semacam Cinta Fitri yang masih menonjolkan logika dan kehidupan nyata (bahwa disisi kelemahan wanita ada kekuatan untuk melawan kelemahannya dan si tokoh pria mampu mendidik si wanita untuk menjadi wanita yang 'kuat') atau kisah komedi Islam macam sinetron Para Pencari Tuhan yang dalam alur ceritanya memberikan pendidikan bagi pemirsanya tentang kehidupan Islami.(Rofa's Blogs)

1 comment:

GG said...

Setuju...! Emang banyak acara Teve sudah masuk dalam kategori mejijikan. Coba saja lihat di http://opiniorangbiasa.blogpsot.com

Selamat makan siang!