Wednesday, November 26, 2008

Penipuan Iklan Lowongan 'Oknum' Perusahaan Broker Bursa Berjangka

Beberapa hari terakhir ini saya iseng-iseng buka situs-situs yang membahas Maxgain, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang trading bursa berjangka. Bukan main, banyak sekali hujatan yang menyerang perusahaan ini. Hujatan dan tuduhan miring umumnya disebabkan dari iklan-iklan lowongan yang disebar oleh Maxgain untuk menjaring nasabah (investor) untuk perusahaannya.

Membaca masalah yang dibahas di 'situs-situs' maxgain, saya jadi teringat beberapa bulan yang lalu saat saya lagi Bete dengan kantor lama saya waktu itu. Kepengen banget saya pindah ke kantor lain dengan bidang yang lain dan gaji yang meningkat. Coba-coba saya masukan aplikasi saya ke salah satu layanan lowongan kerja online, kalo gak salah namanya 'jobindo.com'.



Baru sehari saya kirim aplikasi saya ke situs ini, saya mendapatkan telpon dari sebuah perusahaan untuk ditempatkan dibagian data entry di PT MIF (waktu itu saya belum tahu kalo MIF itu kepanjangan dari Maxgain International Finance) padahal saya gak pernah mengirimkan lamaran untuk posisi dan ke perusahaan tersebut. Saya tanyakan dari mana mereka mendapatkan no ponsel saya, mereka menyatakan kalo mereka mendapatkan dari situs Jobindo.com dan mereka meminta saya untuk datang untuk interview. Saat itu sebenarnya saya sudah curiga karena saya belum pernah mengisi aplikasi untuk lowongan posisi data entry dan yang kedua saya curiga karena isu Maxgain saat itu udah saya dengar hingga saya memutuskan untuk menolak panggilan mereka.

Keesokan harinya, ada seseorang menghubungi ponsel saya lagi dari PT yang sama (tapi orangnya kayaknya beda) dan meminta saya untuk datang interview, saat saya tanyakan kapan waktunya mereka malah meminta saya untuk menentukan waktunya. Akhirnya, karena saya semakin curiga, saya sekali lagi menolak panggilan mereka dan saya bilang 'apakah rekan Anda yang kemarin menghubungi saya gak info kalo saya sudah menolak panggilan kerja ini karena saat ini masih bekerja dan tidak berminat dengan tawaran perusahaan Ibu'. Semenjak itu mereka gak pernah menghubungi saya lagi.

Kurang lebih setahun sebelumnya saya juga pernah mendapatkan panggilan dari mereka, cuma kayaknya sipenelpon cukup jujur dengan mengatakan mereka dari PT Maxgain (mungkin mereka fikir saya gak tau isu miring perusahaan ini). Saat pertama menghubungi saya sempet ngerjain, saya katakan sama mereka kalo saya masih bekerja dan akan menghubungi mereka sampai saya dapat waktu untuk interview. Mungkin karena saya gak juga menghubungi mereka, akhirnya mereka menghubungi saya lagi karena niatnya cuma iseng akhirnya saya minta rekan saya dikantor untuk mengangkat ponsel saya dan rekan mengatakan 'Aduh pak, mohon maaf... saya sekarang lagi ada kunjungan kerja ke Papua nee, sepertinya habis dari sini saya harus ke Kalimantan'. Sejak itu mereka berhenti menghubungi saya lagi :D

Sebenarnya saya juga sempat masuk ke salah satu perusahaan 'bursa berjangka' semacam ini sekitar akhir tahun 90-an (masa krismon), saat saya masih nganggur. Seingat saya waktu itu saya membaca lowongan kerja ini dikoran dan mereka cukup terbuka mengenai posisi yang mereka tawarkan, yaitu broker dan alamat kantornya kalo gak salah di Chase Plaza Sudirman. Waktu itu saya sekedar mau tau dengan bidang kerjaan yang satu ini dan mau ngerasain trainingnya selama 2 minggu. Karena saya diminta untuk mencari investor dan ditargetkan harus mendapatkan dana 10000 dollar (dari mana coba bisa dapet uang segitu dimasa dollar senilai sekitar 19.000 rupiah dan lagi krismon pula), dan saya juga cuma iseng plus cuma mau tau kerjaan di bursa berjangka kayak apa, akhirnya selepas training ya saya cuekin aja, kagak lapor ke kantor, kagak cari nasabah.. wong saya cuma iseng-iseng berhadiah dan cuma mau tau aja.

No comments: