Saturday, October 23, 2010

'Hacker' atau 'Cracker' ?

Tadi habis 'bersahut-sahutan' di situs microblogging sebelah, ngobrol masalah 'hacker - cracker' Si empunya status menyatakan keprihatinannya mengenai semakin banyaknya aksi-aksi pembobolan system komputer.

Sebenarnya saya termasuk orang yang ga terlalu suka ngobrol tapi karena di statusnya terkesan menyamaratakan istilah 'hacker' dan 'cracker' jadi ikut nimbrung deh. Pengertian istilah 'hacker' atau 'peretas' menurut Wikipedia adalah 'orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya, terutama keamanan.'

>
Saat ini memang masih banyak masyarakat umum yang mengkonotasikan hacker dengan kejahatan dunia maya, pembajakan software dan pembobolan komputer untuk mencuri data-data di komputer kita.

Bila kita telisik, awal istilah peretas atau hacker ini muncul seiring dengan awal perkembangan teknologi komputer yang ditandai dengan pengembangan sistim operasi Unix dan teknologi jaringan komputer. Mereka adalah perintis dari sistem komputer yang ada saat ini. Sistim operasi Linux, BSD dan turunan Unix lainnya adalah bagian dari peran mereka dalam perkembangan teknologi komputer saat ini.

Bahkan tidak dapat kita pungkiri, sebagian besar perangkat lunak gratis dan terbuka yang ada saat ini baik untuk desktop maupun web based, kalangan hacker memiliki peran yang sangat besar.

Tidak adil rasanya bila kita mengkaitkan kejahatan dalam dunia komputer dengan istilah 'hacker' karena  kalangan peretas sejati menyebut para pembobol komputer yang hanya bertujuan untuk kepentingan pribadi sebagai 'cracker', inilah istilah yang pantas bagi para pembobol.

Bagi peretas sejati, para pembobol ini adalah orang-orang pemalas, tidak bertanggung jawab dan tidak memiliki kemampuan lebih karena untuk menjadi pembobol kita tidak perlu menjadi seorang hacker karena saat ini banyak aplikasi-aplikasi dan tool-tool yang dapat digunakan untuk melakukan aksi pembobolan yang bisa kita dapatkan di internet (silahkan Googling) dan ini salah satu contohnya.

Nah, salah satu cara paling efektif untuk mengetahui apa itu hacker atau peretas adalah dengan mengunjungi situs-stus komunitas hacker yang saat ini banyak bertebaran. Ada banyak hal positif yang bisa kita dapatkan disana, diantaranya kita bisa mengetahui kegiatan-kegiatan mereka bahkan kita bisa mendapatkan tips-tips untuk mengamankan diri dari ulah para pembobol atau 'cracker' yang saat ini banyak bergentayangan.

 *semua gambar disini diambil dari Google

No comments: