Friday, April 22, 2011

Akhirnya Online Juga

Setelah beberapa waktu terakhir ini utak-atik dan Googling kesana kemari, akhirnya komputer saya yang menggunakan Slackware akhirnya bisa online kembali. Bila dulu saya lebih banyak menggunakan modem via ponsel, sekarang akhirnya bisa online dengan menggunakan USB Modem.

Memang membutuhkan sedikit kerja keras untuk melakukan setting USB Modem ini, apalagi merek yang saya gunakan terbilang belum banyak dikenal oleh Linux yaitu ZTE Mobinil MF 180.

Sebelumnya saya coba menggunakan perintah standard untuk mengaktifkan modul usbserial agar USB dikenali oleh Slackware dengan perintah 'modprobe', tapi setelah saya lakukan dengan perintah 'dmesg' USB ini dikenali sebagai CDROM dengan ID 19d2:2000 padahal pada saat pertama saya lakukan pengecekan dengan perintah 'lsusb' USB sempat dikenali dengan ID 19d2:2003.

Setelah Googling dan tanya sana-sini ternyata dibutuhkan modul khusus agar USB dapat digunakan sebagai usbserial, yaitu dengan paket usb_modeswitch. Setelah dicoba dan diinstal, masih belum berhasil karena menurut dokumentasi modul ini merek modem (dan type-nya) USB saya memang masih memiliki masalah terutama berkaitan dengan versi kernel yang digunakan yaitu versi 2.6.26 hingga 2.6.28, kebetulan saya saat itu masih menggunakan versi Slackware 12.2 dan disarankan untuk melakukan upgrade kernel.

Setelah coba-coba cari versi update kernel, ternyata kernel versi updatenya masih menggunakan kernel 2.6.28-XXX. Ya, terpaksa saya lakukan upgrade Slackware ke versi 13.0 agar dapat menggunakan versi kernel yang dibutuhkan oleh modul usb_modeswitch.


Setelah melakukan upgrade Slackware, ternyata USB masih belum bisa dikenali sebagai usbserial tapi tetap sebagai CDROM. Googling lagi, dapat satu tips yaitu dengan membuat folder daemon seperti ini '/etc/usb_modeswitch.d/19d2:2000' karena diyakini usb_modeswitch akan melakukan pengecekan terhadap folder ini dan tujuannya agar USB Modem tidak dikenali oleh sistem.

Setelah itu, saya kembali lakukan pengecekan dengan perintah 'lsusb dan dmesg' dan memang benar ternyata USB sudah tidak dikenali tapi yang menjadi masalah saya lakukan perintah 'usb_modeswitch -W -v 19d2 -p 2003 USB masih belum dapat di switch menjadi usbserial karena ID ini tidak dikenali sistem.

Googling lagi, hadeeh..... ternyata ada yang terlewat di situs 'usb_modswitch' yang tidak saya perhatikan. usb_modeswitch ternyata juga dilengkapi dengan modul 'usb-modeswitch-data' (berisi 'database' hardware termasuk ID-nya dan file konfigurasi 'rules') yang dapat kita download, modul ini akan memudahkan system mengenali USB.

Meskipun type USB saya tidak tercantum dalam 'data' USB yang didukung ternyata modul ini membantu system mengembalikan hardware ID USB saya hingga dikenali dengan 'ID 19d2:2003' dan untuk mengaktifkan modul usbserialnya cukup dengan menggunakan perintah 'modprobe usbserial vendor=0x2003 product=0x19d2' karena perintah 'usb_medeswitch' tetap tidak bisa mengaktifkan modul usbserial modem saya.

Seperti yang bisa ditebak, semuanya berakhir dengan 'happy ending' dan kini USB Modem saya sudah dapat digunakan di kompi Slackware dan lahirlah tulisan lebay ini :)

2 comments:

ipul said...

sama mas, punya saya juga belum ada yang bahas diinternet. venus fast2
http://ipul.web.id/venus-fast2-evdo-rev-a-di-semua-varian-linux/

Rofa said...

sebenarnya, kalo diurut stepnya itu mudah.... dan gak perlu upgrade dan install ini itu :)