Tuesday, March 15, 2011

Penerapan 'urls.py' Django di Appengine

Setelah bersusah payah utak-atik konfigurasi url Django untuk melakukan query Datastore Appengine, akhirnya berhasil juga.

Setelah mencoba memberikan setting sesuai 'arahan' dokumentasi Django dan selalu gagal, saya berpikir mungkin setting url yang sama harus dicantumkan juga di 'app.yaml', tapi usaha ini juga gagal.

Karena saya penasaran akhirnya saya menggunakan 'regex' url yang biasa digunakan pada app.yaml dan menerapkannya di 'urls.py' ... dan berhasil.

Di urls.py, setting dan regex standar yang biasa digunakan tapi gagal dalam kode saya menggunakan seperti contoh berikut:

r'^(?P<var>\w+)', 'proj.app.views.func',

Akhirnya saya putuskan menggunakan setting regex seperti yang digunakan 'app.yaml', seperti contoh berikut:

r'^(.*)', 'proj.app.views.func',

Dan berhasil... Hehehe, sebenarnya ini hanya uji coba penggunaan regex di urls.py aja yang ternyata memang bisa 'dimodif' sedemikian rupa hingga tidak harus seperti contoh yang ada di dokumentasi.

Penggunaan regex standar Django-doc mestinya tetap dapat digunakan, yang perlu diperhatikan adalah penggunaan API query yang digunakan di views.py. Kegagalan setting 'urls.py' saya mungkin karena kode query pada views.py masih menggunakan standar Django yang diarahkan dalam dokumentasi, coba aja Anda oprek sendiri kalo bisa tolong share infonya ke saya :)

Untuk penggunaan API query database Django di Appengine saya sarankan tetap menggunakan standar API Datastore Appengine, meskipun tidak banyak berbeda tapi membutuhkan ketelitian.

Hmmm... Ternyata benar, tidak semua fitur Django dapat digunakan di Appengine.
----------
Sent from my Nokia phone

No comments: