Tuesday, February 22, 2011

Bahasa Pemrograman Pilihan Saya

Bicara bahasa pemrograman, maka saya jadi teringat awal perkenalan saya dengan 'benda' yang bernama komputer. Pertama kali melihat dan menyentuh apa itu komputer, saat itu kalo ga salah saya masih duduk dikelas satu SMP.

Komputer milik paman saya yang saat itu masih berupa komputer XT dengan monitor monochrome dengan layar berwarna hijau, sebuah benda yang benar-benar membuat saya takjub meskipun diawal perkenalan saya hanya bisa memainkan beberapa games 'tempo dulu' seperti Pacman, Round 42, Digger dan lain-lain.

Awal perkenalan saya dengan 'pemrograman' adalah dengan bermain-main dengan macro dan fomula di aplikasi Lotus 123 yang saat itu sangat populer sekedar belajar manipulasi dan menampilkan data tabel.

Seiring waktu, karena senang membaca dan pengaruh film 'Batman and Robin' saat itu yang sesekali menampilkan adegan 'pencarian data di komputer' membuat minat saya bertambah dan mulai bertanya-tanya gimana caranya komputer bisa melakukan pencarian data ?

Saat iseng-iseng baca-baca buku lama peninggalan paman saya melihat sebuah buku tentang pemrograman QBASIC (Quick Basic) versi asli keluaran Microsoft yang berbahasa Inggris yang sampai saat ini masih saya simpan, dari sinilah saya mulai terpancing untuk memulai mempelajari bahasa pemrograman.

Karena komputer paman yang saya gunakan tergolong super jadul dengan mainboard XT-nya (saat itu sudah keluar teknologi komputer terbaru dengan mainboard AT) di komputer itu saya hanya menemukan program BASIC default bawaan MSDOS saat itu yang bernama BASICA.

Dengan bermodal interpreter BASICA dan buku 'asing' ditangan dari situlah saya mulai belajar membuat program-program sederhana, mulai dari program kamus sampai program pembuat penghitungan bunga bank berdasarkan pelajaran buku matematika saya.

Saya mempelajari pemrograman BASIC hingga duduk dibangku SMA sambil sesekali belajar pemrograman Dbase III+ yang saat itu juga sangat populer. Seiring umur bertambah dan ditambah minat baca saya juga lumayan bagus saya semakin banyak membaca buku-buku tentang pemrograman komputer.

Selepas SMA bekerja sambil kuliah saya mulai berkenalan dengan Visual Basic (VB) dan ASP, saya tidak terlalu kesulitan mempelajari kedua perograman ini karena memang sejak awal saya sudah familiar dengan pemrograman Basic sebagai dasar programming language-nya. Saya juga mulai mempelajari COBOL dan Pascal meskipun tidak lama.

Semakin banyak baca semakin banyak tau dan semakin mau tau, saya mulai mencoba merambah pemrograman PHP dan SQL (dengan MySQL). Meskipun diawal belajar sempat kebingungan saat setting webserver Apache-nya apalagi saat itu yang namanya XAMPP belum saya kenal (mungkin belum ada) jadi setting-nya harus serba manual, apalagi saya menggunakan Windows 98 yang saat itu masih banyak digunakan dengan bermodal satu buku dan mondar-mandir toko buku hanya untuk curi-curi baca buku tentang PHP dan Apache karena budget untuk beli buku terbatas... hehehe.... akhirnya PHP dan Apache saya bisa  digunakan.

Mempelajari PHP memang sedikit membutuhkan perjuangan karena bahasa sematiknya memang turun dari pemrograman C jadi karena saya kurang familiar saya mebutuhkan beberapa minggu untuk belajar membuat website berbasis database.

Setelah bisa nabung sendiri akhirnya saya bisa membeli komputer jadul dengan processor Intel Pentium 133 dengan RAM 32MB dan HD 1.2GB, komputer ini saya gunakan selama hampir 8 tahun lamanya bahkan dengan komputer jadul ini pula saya berhasil membuat dan me-maintain website berbasis PHP pertama saya.

Mengenal Linux

Buku memang membuka cakrawala dan pengalaman kita dengan hal baru, dari buku saya mulai mengenal Linux dan mulai belajar. Komputer jadul yang saya gunakan saya 'paksa' untuk dapat diinstal Linux. Linux pertama yang saya gunakan adalah Mandrake 10. Dari linux inilah saya mulai belajar pemrograman GTK berbasis C/C++, dan mulai belajar lebih jauh pemrograman Python dan Java serta mulai belajar membuat aplikasi. Karena Linux saat itu (diawal tahun 2000) belum terlalu membumi saya putuskan untuk tidak mendalami lebih jauh pemrograman berbasis GTK.

Mulai berfikir, gimana caranya saya bisa membuat aplikasi yang saya develop di komputer Linux saya tapi bisa digunakan di Windows? Sempat berpikir menggunakan Python/Tk tapi karena saya kekurangan bahan bacaan (dokumentasi/tutorial) pengembangan aplikasi Tk ditambah tampilan GUI Tk yang saya anggap 'kurang menarik' akhirnya saya putuskan menggunakan Java.

Aneh memang, tadinya saya berpikir suatu saat saya kan menggunakan aplikasi yang buat sendiri untuk bekerja menggunakan VB (karena ini mainstream pengetahuan pemrograman saya) tapi ternyata saya menggunakan Java untuk membuat aplikasi yang saya gunakan untuk bekerja sehari-hari selama bertahun-tahun hanya karena saya menggunakan Linux.

Dari Linux saya mulai mengenal banyak bahasa pemrograman dan yang terakhir yang saat ini sedang saya dalami adalah pemrograman web dengan Python yang menghasilkan website ini.

Dari semua pemrograman yang pernah saya pelajari, untuk membuat website dengan instan saya memilih PHP, sedang untuk aplikasi desktop paling asyik menggunakan Java dengan OOP yang hebat (dibanding VB). Saat ini saya berniat membuat website dengan Python, bahasa pemrograman yang satu ini begitu sederhana dan lengkap, membuat website tanpa bantuan framework bisa dengan mudahnya kita buat karena modul-modul Python yang mudah digunakan.

Inilah hasil pengembaraan saya, semoga tidak terhenti dan bisa terus belajar dan belajar untuk mengembangkan kemampuan dan berbagi pengetahuan.

6 comments:

Edo said...

Keren...,

saya jg mau blajar php otodidak...,
tp dianjurkan buat bljr html dulu.
Ap emang bgtu ya...?

Hasil bacabaca, Saya jg trtarik dg ajax.
Apakah mas dah mncobany??

Minta pndapatny dunk....
*ngarep...,
n.nv

Rofa said...

Kalo mo belajar php memang hrs sudah tau penggunaan/dasar-dasar html.
Sebelum belajar ajax juga hrs menguasai html dulu. Kalo dah kuasai dasar html, silahkan belajar php dan javascript/ajax, saya sendiri masih belajar termasuk ajax. Kalo ga salah disini juga ada tulisan dan pandangan saya mengenai ajax, coba di-search.

sibuhuan-shop said...

kalo kita maw belajar PHP, emang benar hal yang pertama kita pelajarin adalah HTML, ketika kita belajar PHP kita tidak akan bisa lepas yang namanya HTML, tapi menurut saya kalo kita maw belajar HTML itu cuma butuh 2 hari aja kok.

Rofa said...

:) saya setuju tapi semuanya kembali lagi ke minat untuk belajar.

Muhammad Irvan Hermawan said...

http://www.komputoo.com/search/label/GTK

Muhammad Irvan Hermawan said...

http://www.komputoo.com/search/label/GTK