Saturday, July 17, 2010

AJAX ? Saya Belum Membutuhkannya

Apa itu AJAX ? Definisi AJAX yang saya ambil dari Blog Nahwan Erlingga, AJAX singkatan dari Asynchronous JavaScript And XML. AJAX adalah sebuah jenis pemograman yang dipopulerkan oleh Google pada tahun 2005 (dengan Google Suggest-nya). AJAX bukan bahasa pemograman baru, tapi cara baru menggunakan standar yang ada. Dengan AJAX Anda bisa membuat aplikasi web yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih user-friendly. AJAX bertumpu pada Javascript dan HTTP Requests.

Dari beberapa aplikasi web yang pernah saya gunakan seperti Wordpress, Blogspot, Drupal, Facebook dan beberapa browser game, AJAX dan varian-variannya sudah tidak asing lagi yang digunakan untuk mempercantik tampilan halaman web juga membantu tampilan web lebih user friendly dan interaktif.
Meskipun begitu canggihnya kemampuan yang dimiliki JavaScript/AJAX, sampai saat ini saya belum berminat menggunakannya pada setiap halaman-halaman web di website yang saya buat kecuali halaman web yang menggunakan web app gratisan yang saya gunakan untuk webblog saya seperti Drupal dan Blogspot ini.


Beberapa pertimbangan yang mendasari saya untuk tidak menggunakan kode JavaScript/AJAX adalah :
  • Aspek Keamanan : meskipun saya sudah sedikit menguasai pemrograman JavaScript/AJAX, sampai saat ini saya belum menggali lebih dalam mengenai aspek-aspek keamanannya, karena itulah saya berusaha menghindari penggunaan JavaScript/AJAX apalagi penggunaan JavaScript yang tidak didasari pengetahuan yang cukup tentang aspek keamanannya justru akan merugikan para pengunjung situs kita seperti yang tertuang dalam artikel ini. Ditambah lagi, saat ini banyak plugin-plugin keamanan browser yang dapat memblokir kode-kode JavaScript yang dianggap mencurigakan (saya tidak mau website saya tampilannya aneh bahkan di blok hanya karena menggunakan kode JavaScript)
  • Variabel Session dan Cookie : Website-website saya tidak banyak menggunakan variabel session dan cookie yang saya anggap dapat membahayakan pengunjung situs dan server saya bahkan kode JavaScript ini juga bisa semakin memperbesar file halaman web saya.
  • Online Portal dan Blog : Website yang saya buat dan maintain semuanya adalah situs yang bersifat informasi karena semuanya berisi tulisan dan artikel yang semuanya hasil tulisan saya dan artikel internet yang saya posting dengan filter HTML yang sudah saya atur sedemikian rupa meskipun pengunjung situs saya izinkan mengisi artikel dan komentar, hanya menggunakan tag HTML yang terbatas dan sudah saya filter sedemikian rupa bahkan khusus untuk artikel membutuhkan persetujuan saya untuk ditampilkan karena saya harus memeriksanya lebih dulu, jadi penggunaan JavaScript tidak terlalu dibutuhkan disini.
  • Berorientasi Backlink : Karena website saya yang bersifat informasi maka untuk memudahkan berbagi info dibutuhkan link spesifik yang tidak dapat diberikan bila saya menggunakan AJAX karena eksekusi kode dan proses transaksi data dengan server dilakukan secara background.
Bila Anda mengunjungi website saya, terlihat tampak kaku dan 'membosankan' jadi maklum saja karena saya lebih memfokuskan pada fleksibilitas, sederhana dan kecepatan akses disamping konten dan fitur dalam website saya tersebut.

No comments: