Saturday, May 21, 2011

Akhirnya Linux Bisa Masuk

Setelah selama hampir semingguan 'stagnan' karena netbook Axioo Pico PJM yang saya gunakan hanya bisa menggunakan Windows 7, akhirnya hari ini bisa terinstal linux. Sangat disayangkan, sebenarnya saya bermaksud menginstall Slackware agar bisa saya gunakan di netbook ini.

Sebenarnya saya sudah mencoba untuk menginstal Slackware ke dalam netbook saya ini dengan menggunakan DVD eksternal tapi entah kenapa setelah memasuki proses instalasi, Slackware ternyata tidak mengenali keyboard netbook ini dan sejujurnya saya belum mencoba install Slackware via USB dan Live CD seperti 'arahan' artikel yang banyak saya temukan dari hasil Googling karena gak punya USB dan DVD RW - untuk bikin live CD Slackware versi terbaru hehehe.

Gagal mencoba Slackware, saya mencoba instal Debian tapi nasibnya tetap sama bila Slackware tidak mengenali keyboard, Debian saya tidak mengenali hardisk (mungkin karena versi Debian yang saya gunakan versi lawas).

Coba-coba Googling ternyata kebanyakan versi Debian terbaru sudah mendukung Netbook tapi sayang filenya 'gede' banget (mencapai 1 Gb, maklum miskin bandwith), karena masih penasaran sama Slackware setelah Googling ternyata ada sebuah distro linux ringan yang banyak digunakan untuk Live CD dan USB yang berbasis Slackware yang bernama 'Slax' tapi tetap gak cocok karena Slax tidak bisa mendeteksi LAN card (padahal ini yang paling penting karena untuk digunakan download gratisan dikantor hehehe)

Akhirnya, pilihan sementara jatuh di Ubuntu 11.04 yang saya unduh dan diinstal menggunakan USB kapasitas 1 Gb (ISO-nya hanya sekitar 600 Mb) dan unetbootin, mengingat saya gak mau netbook saya 'kosong' dari Linux. Hmmm, sepertinya bila saya tetap ingin menginstal Slackware yang pertama harus dipersiapkan adalah USB dengan minimal kapasitas 8 Gb atau DVD kosong (plus DVD RW eksternal pinjaman untuk 'ngeburn' ISO Slackware terbaru hehehe)

Wish me luck.... :)

No comments: