Friday, June 27, 2008

Seperempat Penduduk Bumi akan Online di 2012

Penggunaan internet semakin lama semakin meluas, bahkan bagi negara-negara yang tidak masuk dalam kategori maju. Dalam empat tahun mendatang jumlah manusia yang akan online diprediksi akan mencapai seperempat penduduk dunia.

Dikutip dari Detikinet Peneliti dari Jupiter Research memprediksikan pengguna internet akan mencapai sekitar 1,8 miliar juta jiwa pada 2012 nanti. Artinya setara dengan 25 persen jumlah penduduk dunia pada saat itu.

Jupiter memperkirakan pertumbuhan paling tinggi akan berasal dari negara-negara yang memiliki jumlah penduduk banyak, seperti China, Rusia, India dan Brasil. Seluruhnya, diprediksi akan memiliki pertumbuhan pengguna sebesar 44 persen selama kurun waktu 2007 - 2012.

Meski demikian, menurut direktur penelitian Jupiter Vikram Sehgal, negara-negara berkembang juga punya potensi yang menjanjikan dalam penyebaran teknologi ini. Sebab penetrasi pengguna internet di negara berkembang tak kalah ketimbang negara maju.

Bahkan para analis kompak menyebut asia sebagai wilayah yang punya potensi paling besar dalam menggenjot jumlah pengguna internet dunia.

"Asia tidak hanya akan menjadi wilayah yang memiliki pertumbuhan pengguna internet yang paling tinggi di dunia, tetapi juga menjadi sumber pengguna internet terbesar," tandas Presiden Jupiter Research, David Schatsky.

No comments: