Monday, May 18, 2009

Modus Baru Penyebaran Virus

Ini informasi terbaru mengenai keamanan komputer, saat ini ada modus baru penyebaran virus, malware dan sejenisnya dengan cara mengalihkan link halaman web hasil pencarian dari mesin pencari ke situs palsu yang dapat menyebarkan virus dan malware.

Dikutip dari artikel di Detikinet, kumpulan program jahat yang bernama Gumblar saat ini sedang menyebar di internet dan mempunyai kemampuan membajak hasil pencarian situs di mesin pencari tanpa diketahui korbannya.

Lebih lanjut, dalam hasil analisa peneliti ScanSafe, disebutkan bahwa program Trojan itu akan mampu mengendalikan komputer korban Gumblar. Salah satu taktik serangannya adalah membajak browser yang digunakan sehingga mengganti hasil pencarian pengguna pada situs pencarian seperti Google agar mengarah pada situs yang diinginkan Gumblar.

ScanSafe menyatakan Gumblar memiliki banyak variasi dalam skrip yang digunakan. Program jahat ini bisa mengarahkan korbannya untuk mengunjungi situs tertentu demi meningkatkan tingkat kunjungan dan penghasilan iklan situs tersebut. 

Skenario lain adalah mengarahkan pengguna ke situs yang mengandung program jahat lainnya. Sedangkan skenario ketiga, yang belum ditemukan namun sangat dikhawatirkan, adalah mengarahkan pengguna dari situs e-commerce atau perbankan demi tujuan mencuri informasi seperti nomor kartu kredit atau password online banking.

Nah, teliti sebelum mengklik link di layar komputer kita adalah jalan terbaik untuk menghindari dampak buruk dari penyebaran malware ini.

No comments: