Thursday, May 28, 2009

Fenomena Gumblar


Setelah ancaman varian virus Conficker yang mengemuka sejak tahun lalu, kini serangan malware yang bernama Gumblar menjadi momok tersendiri bagi pengguna internet di seluruh dunia. Menurut berita yang beredar malware ini bahkan telah menyerang hasil pencarian Google sebagai mesin pencari terbesar saat ini hingga pantas diwaspadai.

Setelah Gumblar menginfeksi komputer pengguna, ia bisa mengubah hasil pencarian di Google yang dilakukan korbannya sehingga pencarian sungguhan bisa diarahkan ke situs jahat atau palsu. Program jahat yang telah menginfeksi komputer korban juga akan mengunduh program jahat lain dan 'meracuni' hasil pencarian di Google. Saat korban Gumblar melakukan pencarian di Google, maka hasilnya bisa jadi akan dibajak agar mengarah ke situs yang berbahaya.

Gumblar juga dikabarkan telah menginfeksi beberapa situs populer. Setelah menginfeksi situs tersebut, Gumblar akan menginfeksi pengunjung situs dengan program jahat Trojan Downloader. Vendor keamanan Symantec menemukan serangan web Gumblar ini telah menginfeksi sekitar 808.000 alamat web yang banyak di antaranya merupakan situs web umum seperti situs berita, travel, toko online, game dan lainnya.

Jadi berhati-hati dalam menggunakan komputer dalam berinternet dan selalu mengupdate antivirus dengan update terbaru merupakan jalan terbaik untuk menghindari serangan Gumblar ini.

No comments: