Saturday, October 23, 2010

Django Web Framework

Django adalah sebuah web framework berbasis Python yang menurut developernya dikembangkan untuk membangun berbagai aplikasi web dengan cepat dan mudah. Django sejak awal pengembangannya banyak digunakan untuk lingkungan pemberitaan online. Penamaan Django sendiri diambil dari nama seorang musisi jazz Gipsy era tahun 1950-an, Django Reinhardt.

Meskipun Django banyak digunakan dalam situs-situs pemberitaan dan weblog, Django bukanlah sebuah CMS (Content Management System) seperti Drupal, Postnuke dan lain-lain. Django adalah sebuah framework atau sebuah perangkat pemrograman yang digunakan untuk pemgembangan aplikasi web, justru dengan Django kita dapat membangun sebuah CMS.


Untuk dapat digunakan, Django membutuhkan Python versi 2.5 keatas yang dapat diunduh dari situsnya di http://www.python.org dan sebuah library python yang dibutuhkan untuk proses instalasi Django yang bernama setuptools (silahkan Anda Googling).

Django telah dilengkapi dengan web server built-in yang untuk mengaktifkannya menggunakan perintah ‘runserver’. Web server built-in ini bisa kita gunakan untuk percobaan aplikasi yang kita buat saat tahap pengembangan.

Selain dengan web server built-innya, Django juga dapat berjalan dengan Apache web server yang telah mendukung mod_python. Django sudah didukung database API yang dapat digunakan untuk mengakses database populer seperti MySQL, Postgresql, Oracle dan SQLite. Django dapat diunduh di http://www.djangoproject.com.(Bacalah-web)

No comments: