Sunday, November 14, 2010

Aplikasi Web Dengan Python di Google AppEngine

PHP, ASP dan Perl adalah nama-nama besar dalam pemrograman yang umum digunakan untuk pengembangan aplikasi web yang banyak kita jumpai baik di aplikasi berbayar maupun yang gratisan. Sedangkan bila kita bicara Python dalam pengembangan aplikasi web yang pertama kita ingat adalah Django sebagai salah satu framework aplikasi terpopuler yang banyak digunakan.

Karena belum populernya bahasa pemrograman Python di tanah air maka jangan heran bila masih sedikit sekali penggunaan python dalam pengembangan aplikasi web dan situs-situs web yang berbasis python. Hal ini ditambah dengan masih sedikitnya layanan web hosting yang melayani hosting yang berflatform Python.


Meskipun sudah ada beberapa hosting ditanah air yang menyediakan layanan hosting berbasis Python dengan framework Django, harganya terbilang mahal bagi programer yang sekedar untuk belajar atau sekedar coba-coba pengembangan aplikasi web dengan Python, mungkin inilah salah satu faktor yang mempersulit perkembangan Python di tanah air. Sebaliknya hosting-hosting yang berbasis PHP dengan mudah kita temui dengan biaya yang sangat terjangkau bahkan saat ini semakin banyak hosting-hosting gratisan berbasis PHP yang dapat kita gunakan.

Google AppEngine Logo
Google sebagai salah satu raksasa internet di dunia, saat ini sudah menyediakan sebuah layanan untuk mengembangkan aplikasi web yang dapat digunakan gratis, yaitu Google AppEngine. Layanan AppEngine ini didukung dengan dua bahasa pemrograman yang dapat kita pilih, yaitu Java dan Python.

Python dengan AppEngine mendukung semua modul-modul standar Python bahkan bagi Anda yang sudah familiar dengan Django, Anda tidak perlu repot-repot untuk menginstal library-libary tambahan karena Django sudah menjadi modul built-in dalam AppEngine.

Saya sendiri sudah mencoba fasilitas AppEngine ini dengan membuat halaman web dengan python, silahkan kunjungi http://sukasuka.ronaldfargo.web.id/ . Halaman web ini menggunakan modul-modul python murni (tidak menggunakan framework Django). Nah... sekarang giliran Anda, silahkan mencoba :)

No comments: